Minggu, 11 September 2016

Kota Pontianak Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak

Kota Pontianak Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak
Angin kencang disertai hujan deras yang melanda Kota Pontianak, Selasa (30/6/2016) sore, menyebabkan puluhan rumah rusak.

Kepala BPBD Kota Pontianak, Aswin Taufik mengungkapkan, data sementara yang dikumpulkan petugas di lapangan saat ini baru mencatat sekitar 43 rumah warga yang mengalami kerusakan. Rumah tersebut rata-rata rusak pada bagian atap yang beterbangan diterpa angin kencang selama kurang lebih satu jam.

"(Itu) data sementara tingkat kerusakan rumah warga mulai dari rusak ringan hingga rusak berat, sebagian besar atap rumah beterbangan diterpa angin kencang," ujar Aswin, Selasa (30/8/2016) malam.

Jumlah rumah rusak tadi merupakan pembaruan data sementara yang dilaporkan petugas di lapangan dari dua kecamatan, yaitu kecamatan Pontianak Kota dan Pontianak Utara.

Setelah peristiwa tersebut, sejumlah wilayah di Pontianak sempat gelap gulita akibat pemadaman aliran listrik PLN. Sejumlah pohon juga dikabarkan tumbang hingga menutupi jalan yang membuat akses lalu lintas menjadi terhambat. Namun, BPBD belum bisa mengungkapkan jumlah pohon yang tumbang karena masih dalam pendataan petugas di lapangan.

Sementara itu, salah satu warga, Hendra mengatakan ia sempat melihat atap yang beterbangan itu berputar di udara.

"Angin memang luar biasa, sekitar jam 15.00 tadi mulainya, sebelum hujan turun," ujar Hendra.
Sebelumnya diberitakan, angin kencang juga menerbangkan sebuah atap berukuran raksasa dan tersangkut di pohon serta menimpa sejumlah kios di Jalan Gusti Hamzah.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi terkait korban jiwa dari peristiwa ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar